Daftar Makanan Khas Jawa yang Terkenal, Cocok untuk Traveller

Rawon Setan

Makanan khas Jawa adalah makanan yang berasal dari daerah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut dibawah ini adalah daftar makanan khas Jawa yang terkenal.

  1. Pecel

Pecel adalah makanan yang dibuat dari beberapa macam sayuran yang direbus, lalu disiram bumbu kacang diatasnya. Sayurannya terdiri dari kangkung, daun pepaya, kol, toge, kacang panjang, dan daun singkong.

Bumbu pecelnya terbuat dari kacang tanah, gula Jawa, cabe, garam, dan lain-lain. Banyak sekali yang suka dengan makanan ini.

  1. Peyek

Peyek adalah makanan berupa keripik yang topping-nya bisa berupa kacang tanah, teri medan, atau udang rebon. Jadi, terdapat tiga macam peyek, yaitu Peyek Kacang, Peyek Teri, dan Peyek Udang Rebon. Peyek nama yang menjadi favorit Anda?

  1. Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar adalah makanan berupa kerupuk yang terbuat dari beras. Rasanya banyak sekali yang suka, mulai dari anak-anak hingga lansia. Rasanya tawar seperti beras, namun enak sekali. Selain itu, kerupuk ini juga renyah dan ukurannya sedang, yaitu berbentuk persegi panjang.

  1. Sayur Gudeg

Sayur Gudeg adalah makanan berupa sayur berkuah sedikit dan berisi nangka. Rasanya manis sekali, tapi enak sekali. Selain sayur nangka, Anda juga juga bisa memodifikasi isinya dengan telur rebus, daging atau tetelan. Orang memakan sayur ini bersama dengan sayur krecek, opor ayam putih, dan nasi putih.

  1. Sayur Krecek

Sayur Krecek adalah makanan berupa sayur berkuah dan bersantan yang berisi kacang tunggak, kerupuk kulit, cabe rawit Jawa, dan lain-lain. Rasanya yang gurih, pedas, dan ada manisnya membuat sayur ini sangat digemari. Biasanya orang memakan sayur ini dengan sayur gudeg dan nasi putih.

  1. Rawon

Rawon adalah sayur berkuah hitam yang berisi daging, toge atau kecambah, dan lain-lain. Kuah hitam dari rawon berasal dari kluwek. Biasanya orang memakan sayur ini dengan nasi putih, dan kerupuk.

  1. Telur Asin

Makanan ini adalah makanan yang berupa telur bebek yang diasinkan. Makanan ini berasal dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Cita rasanya yang asin dan enak membuat makanan ini terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung atau wisatawan.

  1. Tongseng Kambing

Ada lagi makanan khas Jawa yang terkenal, yaitu tongseng kambing. Tongseng kambing adalah makanan berupa sayur yang bersantan dan berisi daging kambing, kol, dan tomat. Rasanya yang gurih, asin, manis, dan pedas membuat makanan ini sangat digemari oleh semua orang.

  1. Wajik

Wajik adalah makanan yang berupa kue yang terbuat dari beras ketan, santan, serta gula Jawa. Kemudian dibentuk seperti bentuk belah ketupat. Asal katanya berasal dari kata kartu wajik yang bentuknya belah ketupat/wajik. Rasanya manis sekali dan ada gurihnya. Bagi pecinta rasa manis atau manis sekali, kue ini patut dicoba.

  1. Makanan Berbahan Gula Jawa

Gula Jawa adalah makanan berupa gula yang berbentuk silinder atau bentuk lain, dan terbuat dari pohon kelapa. Warnanya coklat atau coklat muda. Rasanya manis, tapi berbeda dari gula pasir biasa.

Banyak yang menggunakan gula ini di dalam berbagai masakan atau minuman. Contoh makanan yang menggunakan gula Jawa adalah wajik, bumbu pecel, dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai daftar makanan khas Jawa yang terkenal, dan diharapkan pengetahuan Anda ter-upgrade dengan baik. Jika Anda tertarik untuk mencoba salah satu atau lebih makanan di atas, Anda bisa mulai mencobanya sekarang.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger