Kelebihan Kompor Gas Jenis Tanam


Sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu atau tepatnya sejak adanya program konversi dari minyak tanah ke gas yang dilakukan oleh pemerintah, kompor gas menjadi peralatan memasak yang dipakai banyak orang di Indonesia. Banyak alasan yang kemudian menyebabkan orang orang lebih memilih memasak menggunakan kompor gas dibandingkan yang lainnya. Salah satunya adalah karena kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya.
x
Dan kompor gas yang ada dan biasa dipakai di Indonesia sendiri cukup beragam jenisnya. Salah satunya adalah kompor tanam. Sesuai dengan namamnya kompor tanam adalah kompor gas yang pemasangannya di tanam atau dibenamkan di meja dengan cara memotong sebagian bagian meja untuk meletakkan kompor.
Meski terkadang kompor gas jenis tanam ini harganya relatif lebih mahal dari kompor gas biasa akan tetapi beberapa kalangan lebih memilih untuk menggunakan kompor jenis tanam ini. Hal ini salah satunya karena kompor tanam memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan kompor biasa. Adapun beberapa kelebihan kompor tanam ini antara lain adalah sebagai berikut:

Relatif Lebih Aman
Sebagai sebuah peralatan yang menggunakan api tentunya faktor keamanan menjadi salah satu hal penting yang sangat perlu untuk diperhatikan. Seringkali kita dengar kejadian kebakaran yang disebabkan karena penggunaan kompor yang tidak benar. Dan dengan penggunaan kompor tanam ini tentunya diharapkan kejadian kejadian tersebut bisa dihindari atau setidaknya diminimalisir. Beberapa kompor tanam modern dengan teknologi terbaru seperti kompor gas rinnai sudah dilengkapi dengan sensor yang bisa mematikan api kompor jika suhu terlalu tinggi. Di samping itu dengan peletakan kompor gas yang ditanam di meja juga bisa mengurangi resiko terjadinya kebocoran gas.

Terlihat Lebih Rapi
Kelebihan lain yang dimiliki oleh kompor gas jenis tanam adalah tampilannya yang rapi. Dengan hampir sebagian kompor tertanam di meja menjadikan dapur kelihatan minimalis dan rapi karena yang terlihat dari luar hanyalah bagian tungkunya saja.
Selain rapi kompor tanam umumnya juga terlihat lebih bersih. Hal ini karena untuk membersihkan kompor jenis tanam caranya sangat mudah yakni hanya dengan membersihkan kotoran di sekitar tungku menggunakan lap saja tanoa perlu mencopot komponen komponen kompor gas.

Hemat Tempat
Karena sebagian besar komponen dari kompor gas jenis tanam tertanam di dalam meja menjadikan kompor gas jenis tanam juga termasuk hemat tempat sehingga bisa digunakan oleh mereka yang memiliki dapur dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 

Mudah Dipakai
Salah satu hal yang biasa orang perimbangkan ketika sesorang membeli perlatan dapur termasuk juga kompor gas adalah kemudahan dalam pemakainnya. Dan kompor gas jenis tanam ini menawarkan berbagai fitur yang akan menjadikan kegiatan memasak lebih mudah. Disamping adanya fitur otomatis mati ketika suhu terlalu tinggi beberapa kompor gas jenis tanam seperti kompor rinnai juga sudah dilengkapi dengan timer yang bisa kita gunakan untuk mengatur berapa lama waktu kompor akan hidup. Adanya kemudahan dalam penggunaan kompor ini menjadikan kompor jenis tanam bisa dipakai bahkan oleh mereka yang baru bisa masak.

Akan tetapi tentunya untuk mendapatkan manfaat dari sejumlah kelebihan di atas kita perlu memilih kompor tanam yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk itu sebelum memilih atau membeli kompor gas kita perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti soal ukuran kompor, merek, harga, fitur fitur yang ada pada kompor dan lain sebagainya.

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger