Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Set Top Box Tv Digital


 Dalam waktu dekat ini pemerintah berencana untuk melakukan migrasi dari tv analog ke tv digital secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari penerimaan siaran tv. Seperti yang kita ketahui pada tv analog jika semakin jauh jarak pemancar dengan tempat kita maka sinyal akan melemah sehingga kualitas gambar dan suara yang diterima juga menurun. Sedangkan pada tv digital menurut klaim yang ada selama masih ada sinyal maka gambar yang diterima akan jernih.


Rencana perubahan ini tentu disambut dengan pro kontra di kalangan masyarakat. Kesiapan masyarakat dalam menghadapi transisi dari tv analog ke tv digital ini mungkin menjadi salah satu penyebab timbulnya pro kontra tersebut.


Sebagian orang mungkin sekarang ini sudah memiliki tv digital sehingga rencana perubahan tersebut tidak akan berpengaruh drastis dengan kondisi mereka. Akan tetapi tak sedikit orang di Indonesia yang saat ini masih menggunakan tv lama yang masih analog. Nah kemungkinan mereka ini ada yang kurang siap dalam menghadapi perubahan ini. Karena saat sistem tv analog dimatikan mau tidak mau mereka harus pindah ke tv digital.


Apakah pemilik tv analog yang ingin berpindah ke tv digital harus membeli tv baru? jawabannya bisa ya bisa tidak. Jika memang sudah bosan dengan tv lamanya dan ada budget membeli tv baru mengapa tidak. Akan tetapi jika budget minim serta masih menginginkan menggunakan tv analog lama untuk menerima siaran digital maka salah satu solusinya adalah dengan membeli dan menggunakan set top box (STB). 


Set top box tv digital ini berfungsi untuk mengkonversi siaran tv digital menjadi suara dan gambar yang bisa ditangkap di dalam tv analog. Penggunaan dari set top box ini juga terbilang cukup mudah karena hanya tinggal dihubungkan ke tv sesuai dengan buku petunjuk yang diberikan.


Jika saat ini kita memiliki tv analog dan ingin menikmati siaran digital dengan murah maka membeli set top box adalah pilihan yang cukup tepat. Akan tetapi sebelum membeli set top box ini ada beberapa hal yang patut untuk kita perhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Harga

Salah satu hal utama yang perlu kita pertimbangkan saat membeli set top box tv digital adalah soal harga. Di pasaran sendiri harga set top box cukup bervariasi sehingga kita bisa menentukan dan memilih set top box sesuai dengan budget yang saat ini kita miliki.


Spesifikasi Set Top Box

Hal selanjutnya yang bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih set top box yang akan kita beli adalah soal spek yang dimiliki oleh set top box. Misalnya saja soal bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan oleh set top box tersebut, bagaimana resolusinya dan lain sebagainya. Termasuk ke dalam masalah spesifikasi ini adalah soal bagaimana cara sambung set top box ini ke tv apakah menggunakan kabel HDMI, AV, RCA ataukah menggunakan cara lainnya.


Sertifikasi

Pemerinta melalui kemenkominfo telah menerbitkan sertifikasi kepada beberapa set top box dari merk dan type tertentu yang dibuat, dirakit, atau dimasukkan dan digunakan di Indonesia. Set top box yang sudah mendapatkan sertifikat ini artinya sudah sesuai dengan persyaratan teknis yang ditentukan oleh pemerintah. Dan tak ada salahnya kita sebagai pengguna untuk memilih set top box yang sudah bersertifikat tersebut.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger