Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Memory Card



Dewasa ini penyimpanan data menjadi salah satu hal yang penting bagi banyak orang. Karena itu tidak mengherankan jika umumnya perangkat perangkat modern seperti smartphone, tablet, laptop, PC dan yang sejenisnya sudah dibekali dengan internal storage yang kapasitasnya cukup besar. Sebagai contoh saat ini dengan mudah kita temukan sebuah smartphone dengan internal storage mencapai 128 GB atau bahkan lebih atau laptop dengan storage hingga 1 TB.

Akan tetapi ternyata meski kapasitas dari internal storage perangkat perangkat modern yang ada saat ini sudah cukup besar ternyata tak sedikit orang yang masih menganggapnya kurang. Hal ini juga karena semakin banyak dan besarnya data yang perlu disimpan. 

Dan untuk mengatasi masalah ini tentunya dibutuhkan solusi yang tepat. Sebenarnya ada dua solusi yang umum dilakukan untuk masalah menambah ruang penyimpanan ini.Yang pertama dengan menggunakan atau memasang memory card eksternal seperti micro sd atau yang sejenisnya. Sedangkan alternatif kedua dengan menggunakan penyimpanan online berbasis cloud seperti google drive, dropbox, onedrive maupun yang sejenisnya.

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Sehingga kita perlu untuk memilih mana cara yang kira kira cocok untuk kita. Dan bisa juga kita memakai kedua cara tersebut sekaligus.

Akan tetapi untuk kita yang ingin penyimpanan data kita ini tidak tergantung dengan ada tidaknya koneksi internet maka menggunakan memory card sebagai tambahan ruang penyimpanan adalah pilihan yang sangat tepat. 

Namun tentunya jika kita ingin membeli memory card untuk penambahan ruang penyimpanan perangkat kita tentunya tidak bisa sembarangan saja dalam memilihnya. Ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan sebagai bahan pertimbangan. Adapun beberapa hal yang perlu dijadikan bahan pertimbangan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


Kapasitas Penyimpanan

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah memory card adalah soal berapa besar kapasitas penyimpanannya. Tentunya semakin besar akan semakin baik. Akan tetapi meski demikian kita juga harus memperhatikan kemampuan dari perangkat yang akan kita pasangi memory card tersebut. Sebab umumnya masing masing perangkat memiliki batas maksimal kapasitas memori eksternal. Sebagai contoh jika slot dari memory card sebuah smartphone maksimal hanya bisa dipasangi memori eksternal berkapasitas 32 GB maka jangan membeli yang lebih besar daripada itu.


Speed Class memory card

Hal selanjutnya yang juga patut menjadikan perhatikan adalah class dari memory card. Seperti yang kita sering lihat umumnya memory card yang ada di pasaran seringkali menampilkan class-nya. Dan class dari memory card ini sangat erat kaitannya dengan kecepatan dari memory card dalam membaca dan menuliskan data. Semakin tinggi class dari memory card semakin tinggi juga kecepatannya. Agar proses menyimpan data yang kita lakukan bisa berjalan dengan optimal maka jika bisa usahaan setidaknya memory card yang kita beli memiliki speed class 10.


Harga Memory Card

Sama seperti saat membeli barang barang lainnya saat akan membeli sebuah memory card pun kita juga perlu mepertimbangkan soal harganya. Harga memory card sendiri berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu. Dan soal harga memory card biasanya tergantung dari kapasitas, class, maupun merk dari memory card itu sendiri.


Merk Memory Card

Meski bukan hal utama memilih memory card dari brand brand ternama yang memiliki reputasi bagus adalah hal yang juga perlu kita lakukan. Biasanya brand brand besar ini berani memberikan garansi yang cukup lama.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger