Realme 8 5G, Smartphone 5G Murah 3 Jutaan


Smartphone saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi banyak orang. Tak hanya sebagai sarana komunikasi saja kini ponsel pintar sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya. Dari untuk main game, streaming video, urusan pekerjaan, fotografi dan lain sebagainya.

Dan di era teknologi internet yang semakin pesat seperti saat ini maka konektivitas internet menjadi salah satu hal yang penting pada sebuah smartphone. Semakin cepat konektivitas internetnya tentu akan menjadikan sebuah smartphone makin optimal untuk digunakan.


Umumnya saat ini sebagian smartphone sudah mendukung teknologi 4G atau setidaknya 3G. Dengan teknologi ini beberapa pekerjaan ataupun streaming sudah bisa dijalankan dengan baik menggunakan smartphone. Akan tetapi untuk yang menginginkan kecepatan lebih tinggi tentu akan butuh teknologi yang lebih baru.


Dan teknologi baru yang dimaksud adalah teknologi 5G pada smartphone. Dengan teknologi ini kecepatan internet yang bisa didapat meningkat cukup pesat. Bahkan untuk kondisi tertentu kecepatan maksimal dari jaringan 5G ini bisa mencapai 312 Mbps untuk download dan 73,1 Mbps untuk upload serta latensi hanya 17 ms saja. 


Akan tetapi mengingat teknologi ini masih cukup baru tentunya smartphone yang mengadopsi 5G untuk jaringannya belum begitu banyak yang masuk ke Indonesia. Dan harga dari smartphone yang sudah menggunakan 5G ini umumnya juga cukup mahal.


Akan tetapi meski sebagian smartphone 5G ini mahal ternyata ada juga yang harganya masih cukup murah dan terjangkau untuk sebagian orang. Salah satu contohnya adalah smartphone dari realme yakni realme 8 5G.


Realme 8 5G yang diperkenalkan ke publik pada 21 April dan dirilis secara resmi ke pasaran seminggu setelahnya merupakan smartphone 5G yang harganya terbilang cukup murah yakni di kisaran 3 jutaan. Meski harganya tergolong cukup murah untuk ukuran smartphone 5G saat ini akan tetapi spek dari smartphone yang satu ini juga cukup lumayan jika dibandingkan dengan smartphone lain di kisaran harga yang sama.

 

Berikut ini adalah spesifikasi singkat dari realme 8 5G yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan apakah ingin membelinya atau tidak.


Body

Smartphone dengan body belakang serta frame berbahan plastik ini memiliki bobot seberat 185 ram dengan Dimensi 162,5 x 74,8 x 8,5 mm. Untuk slot simcardnya sendiri ada 2 buah dan keduanya untuk nano sim card.


Display

Beralih ke bagian display atau layar, Realme 8 5G menggunakan layar jenis PS LCD, 90Hz, 480 nits (typ), 600 nits denga ukuran layar yang cukup lebar layaknya ponsel ponsel terbaru yakni 6,5 inch dan resolusi layar yang juga cukup tinggi yakni 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio.


Platform

Operating system yang digunakan oleh realme 8 ini adalah android os 11 dengan antar muka atau user interface realme ui 2.0. Chipset yang dipakai pada ponsel ini sendiri adalah  MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm) dengan CPU  Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2.


RAM dan Storage

Secara umum jika dilihat dari besarnya kapasitas internal storage dan RAM ada beberapa varian dari realme 8 5G ini yakni 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM. Jika dirasa ruang penyimpanan internal yang cukup besar ini masih kurang kita bisa kok memasang eksternal storage berupa micro SDXC pada slot yang tersedia.


Kamera

Kamera merupakan salah satu bagian yang sering jadi pertimbangan seseorang dalam membeli sebuah smartphone. Dan untuk realme 8 ini ada 3 buah kamera utama di bagian belakang yakni 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth). Sedangkan untuk kamera depan atau kamera selfienya sendiri realme menggunakan single kamera berresolusi sebesar 16 MP.


Baterai

Baterai dengan kapasitas yang besar dan bisa diisi ulang dengan cepat merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh smartphone smartphone saat ini. Dan realme cukup paham hal tersebut dengan membenamkan baterai jenis li-po yang kapasitasnya 5.000 mAh dan mendukung fast charging. 


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger