Membuat Website dengan Nama Domain Sendiri

Mau Membuat Website dengan Nama Domain Sendiri Perhatikan Hal Hal Berikut Ini


Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik website terutama yang menggunakan websitenya untuk keperluan bisnis adalah soal kredibilitas dari webnya yang dikelolanya tersebut. Kredibilitas dari sebuah website ini sendir dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu diantaranya adalah soal domain yang digunakan oleh website tersebut.

Tentunya orang akan lebih mempercayai sebuah website yang menggunakan domain berbayar seperti com atau co.id dibandingkan dengan web web yang masih menggunakan subdomain semacam blogspot atau wordpres dan domain domain gratisan seperti .tk, .cf dan yang sejenisnya. Tentunya orang akan meragukan keseriusan dari sebuah website bisnis yang masih menggunakan domain gratisan ini. Karena itulah menggunakan domain berbayar untuk membuat web adalah hal yang cukup penting dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan maupun calon pelanggan.

Tentunya dalam pembuatan website dengan domain sendiri ini ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan terutama dalam hal pemilihan domain yang akan dipakai. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Gunakan Domain Yang Mewakili Anda/Bisnis Anda
Domain merupakan sebuah identitas di internet. Domain juga akan berlaku dalam jangka panjang. Karena itu, gunakan domain yang mewakili anda (jika membuat website pribadi) atau bisnis anda (jika membuat website bisnis). Hal ini bertujuan, agar orang-orang mudah menemukan website yang anda kelola. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kredibilitas website/blog tersebut dimata pengunjung.
Secara umum, domain sendiri terbagi menjadi dua jenis. Yakni tipe EMD (Exact-Match Domain), tipe ini menempatkan keyword pada domain. Seperti jual-sepeda.com, belajarfisika.net, dan sejenisnya.

Sedangkan tipe Brandable merupakan domain yang lebih mengutamakan branding/merk dibandingkan keyword. Contohnya seperti facebook.com, bukalapak.com, youtube.com, dan lain-lain. Disarankan, untuk memilih tipe domain brandable karena akan semakin meningkatkan popularitas dan kepercayaan pengunjung terhadap website anda.

2. Gunakan Domain Yang Unik, dan Mudah Diingat
Tips selanjutnya, pilih nama domain yang unik dan berbeda dari yang lain. Pastikan juga domain yang anda gunakan mudah diingat, ditulis, dan diucapkan. Hindari menggunakan nama domain dengan kata-kata yang asing, atau tambahan simbol dan angka yang tidak perlu. Hal ini akan mengakibatkan website anda sulit diakses maupun ditemukan diinternet.

3. Pilih Ekstensi Yang Tepat
Seperti kita ketahui, domain sendiri memiliki berbagai ekstensi yang bisa digunakan. Selain nama domain, kita juga perlu memperhatikan ekstensi domain yang digunakan. Jika ingin lebih mudah, anda bisa memilih domain dengan ekstensi .com (domain paling populer). Tetapi, terkadang saat kita akan membeli dan melakukan cek domain cukup banyak domain .com yang sudah tidak tersedia lagi. Sehingga anda bisa saja menggunakan ekstensi lainnya. Untuk alternatif, anda bisa memilih .net, atau ekstensi nasional seperti .id. Pastikan juga ekstensi yang dipilih cocok dengan nama domain yang anda daftarkan.

4. Hindari Menggunakan Domain Yang Mirip Dengan Brand Lain
Karena domain diibaratkan sebagai identitas kita diinternet, maka hindari menggunakan nama yang mirip atau bahkan sama dengan brand lain/kompetitor. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan branding, sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sengketa domain. Jika domain yang digunakan sama dengan orang lain, bukan tidak mungkin pemilik domain tersebut akan melayangkan tuntutan terhadap anda.

5. Buat Domain Yang Singkat dan Mudah Diketik
Tips terakhir, buatlah nama domain yang singkat dan mudah diketik. Saran saya, cukup gunakan satu atau dua kata saja. Domain yang terlalu panjang seperti jasaeditingvideomurah.com atau jualdastermurahdanbagus.net tidak disarankan. Karena akan menyulitkan pengunjung untuk mencari dan menemukan website kita.

6. Harga Domain
Karena menyangkut kepentingan bisnis maka soal harga domain patut juga untuk dijadikan pertimbangan. Jangan sampai kita memaksakan diri membeli sebuah domain diluar budget kita, misalnya memaksakan diri membeli domain 2 character .id yang harganya mencapi ratusan juta rupiah atau bahkan lebih. Sebaiknya kita menggunakan domain yang memang sudah umum atau mainstream. Secara umum sih harga domain mainstream seperti .com, .net, .info berkisar di angka  kurang lebih 100 ribuan , bahkan untuk beberapa layanan seperti domainesia mereka juga memberikan promo beli hosting gratis domain untuk pembelian hosting tipe tertentu.


0 Response to Membuat Website dengan Nama Domain Sendiri

Posting Komentar

IBX5A19FDEC27065