6 Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Terjaga Kesejukannya


 Air conditioner atau yang kerap disebut AC merupakan salah satu komponen atau interior sebuah mobil yang sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan pengguna. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat AC mobil yang baik dan benar.

Seperti yang kita ketahui AC mobil memiliki peranan yang cukup penting, terutama untuk mobil yang berada di iklim tropis. AC mobil dapat menghadirkan udara yang dingin dan sejuk sehingga pengguna merasa nyaman saat berkendara.  

Selain itu, menurut situs berita otomotif otoklix.com, AC mobil juga memiliki fungsi lain saat musim hujan tiba. Dengan adanya AC mobil, maka kaca pada mobil tidak akan terhalang oleh kabut, sehingga pengguna bisa mengendarai mobil dengan aman.

Mengingat AC mobil memiliki banyak peran penting, maka Anda wajib mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas AC mobil agar dapat bekerja secara optimal. 

Cara Merawat AC Mobil

Berikut cara merawat AC mobil yang wajib Anda ketahui:

1. Jaga Kebersihan Kondensor

Cara merawat AC mobil yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan kondensor. Permasalahan AC mobil yang umum dan sering terjadi yaitu AC mobil menyala, namun tidak dingin. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya permasalahan pada bagian freon yang mengakibatkan kebocoran selang atau pipa AC.

Oleh sebab itu, Anda harus rajin menjaga kebersihan kondensor dari debu dan kotoran yang menempel. Pastikan Anda saat Anda menyalakan mobil, posisi AC dalam keadaan mati. Tunggu beberapa saat hingga mesin stabil, kemudian Anda bisa menyalakan AC. 

2. Gunakan Pengharum Mobil

Cara merawat AC mobil selanjutnya yaitu dengan menggunakan pengharum khusus mobil. Gunakan pengharum khusus mobil yang mengandung sedikit bahan kimia. Hal ini akan membuat udara di dalam mobil lebih sejuk dan wangi sehingga Anda akan lebih nyaman saat berkendara.

Penting untuk diketahui, jangan meletakkan pengharum di depan AC mobil secara langsung. Sebab, pengharum mobil yang berkualitas rendah atau yang banyak mengandung bahan kimia akan menciptakan partikel udara yang kotor. 

Udara tersebut bisa  masuk melalui evaporator sehingga sangat sulit dibersihkan. Hal tersebut dapat memicu timbulnya jamur yang mengakibatkan bau kurang sedap di area dalam mobil Anda.

3. Jangan Buka Jendela Saat AC Menyala

Cara merawat AC mobil berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah tidak membuka jendela saat AC mobil dalam kondisi yang menyala. Seperti yang Anda ketahui, fungsi dari AC adalah membuat suhu di dalam ruang mobil menjadi lebih sejuk dan dingin. 

Sehingga, saat Anda membuka jendela ketika posisi AC masih menyala maka, AC akan bekerja lebih berat dibandingkan saat kondisi mobil tertutup. Selain itu, saat jendela terbuka maka debu atau kotoran yang berada di sekeliling mobil, akan masuk ke dalam filter AC. Hal ini dapat menjadi pemicu AC mengalami kendala atau rusak.

4. Hindari Merokok di Dalam Mobil

Bagi sebagian orang, merokok di dalam mobil menjadi sebuah kebutuhan dengan berbagai alasan misalkan bosan atau menghilangkan rasa kantuk. Namun, ternyata hal tersebut harus Anda hindari.

Sebab, asap yang ditimbulkan dari rokok dapat mencemari sirkulasi AC mobil. Sehingga, AC akan mengeluarkan udara yang telah tercemar dengan nikotin.

Selain itu, asap rokok juga dapat menempel pada komponen evaporator AC mobil. Jika kondisi evaporator mobil sampai rusak, secara otomatis Anda tidak dapat merasakan dinginnya AC mobil.

5. Jangan Mematikan AC Mobil Terlalu Lama

Tidak mematikan AC dalam jangka waktu yang lama termasuk salah satu cara merawat AC mobil yang bisa Anda lakukan. Sebagian orang sering beranggapan bahwa menyalakan AC dalam jangka waktu yang lama dapat membuat boros bahan bakar. 

Namun, faktanya adalah penggunaan bahan bakar akan lebih boros jika Anda menyalakan AC mobil pada tingkat yang paling rendah dalam jangka waktu yang lama. 

Saat AC mobil jarang digunakan atau Anda mematikan AC mobil dalam waktu yang lama, maka pada bagian pendingin AC mobil akan muncul endapan debu dan kotoran yang menempel.

Selain itu, jika AC di dalam mobil lama tidak digunakan atau dimatikan terlalu lama, maka akan mempengaruhi kualitas udara yang berada di dalam kabin saat akan digunakan kembali. 

Sehingga untuk merawat dan menjaga AC agar bisa bekerja secara optimal, hindari untuk mematikan AC mobil dalam jangka waktu yang lama. Minimal Anda bisa menggunakannya sekitar 5 hingga 10 menit satu kali dalam seminggu saat mesin mobil dipanaskan. 

Dengan cara tersebut, Anda bisa mencegah gas freon mengendap dan sirkulasi udara di kabin mobil tetap bersih.

6. Gunakan AC Mobil dengan Benar

Cara merawat AC mobil yang terakhir bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan AC mobil secara baik dan benar. berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan saat menggunakan AC di mobil kesayangan:

  • Panaskan mesin mobil terlebih dahulu.

  • Buka semua jendela mobil, untuk mengeluarkan udara di dalam mobil dan menggantinya dengan udara yang baru.

  • Tutup semua jendela dan nyalakan AC mobil

Itulah 6 cara merawat AC mobil yang bisa Anda terapkan. Bila AC Anda mengalami kerusakan dan perlu dilakukan perbaikan, maka Anda dapat membawanya ke bengkel mobil terpercaya yang juga menyediakan layanan service AC mobil.

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger