Sensor Suhu Tubuh Otomatis Tanpa Kontak: ThermoNex

 


Di masa pandemi seperti saat ini, tentunya diperlukan segala upaya agar penularan virus dapat diminimalisir. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk menghindari semakin menyebarnya virus yaitu dengan menggunakan sensor suhu tubuh otomatis. Produk ini tentunya sangat cocok untuk digunakan di tempat umum yang kemungkinan tingkat penularannya tinggi.

Dengan adanya sensor suhu tubuh secara otomatis ini, tentunya penularan penyakit dapat diminimalisir dengan optimal tanpa melakukan kontak dengan orang lain. Salah satu produk sensor suhu tubuh yang banyak sudah terbukti kualitasnya yaitu ThermoNex. Supaya lebih jelas lagi, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai sensor suhu tubuh ThermoNex:

Mengenal Beberapa Jenis Termometer Suhu

  • Termometer Digital

Jenis termometer yang saat ini banyak digunakan yaitu termometer digital. Hal ini dikarenakan termometer digital dapat menunjukan hasil secara cepat dan juga akurat. Pada termometer digital, di bagian ujung terdapat sebuah sensor yang berfungsi untuk membaca suhu tubuh Anda ketika disentuh selama beberapa detik.


Termometer jenis ini dapat digunakan di mulut, anus, dan di ketiak. Namun yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan termometer digital di mulut dan anus secara bersamaan. Anda diharuskan memberikan label khusus untuk pemakaian di daerah mulut dan anus agar dapat membedakannya.


  • Termometer Air Raksa

Seperti namanya, termometer ini menggunakan bantuan air raksa atau zat merkuri untuk mengukur suhu tubuh manusia. Alat ini memiliki bentuk tabung gelas berisi air raksa di dalamnya. Untuk menggunakannya, Anda dapat meletakannya di bawah lidah yang nantinya air raksa yang terdapat di dalamnya itu akan naik ke ruang kosong dalam untuk membaca suhu tubuh.


Namun karena mengandung zat yang cukup berbahaya, penggunaan termometer ini sudah mulai dikurangi. Termometer jenis ini pun tidak bisa dibuang di sembarang tempat, karena harus dibuang di tempat khusus sampah limbah medis.


  • Termometer Jidat atau Kening (Thermogun)

Mungkin saat ini termometer jenis ini sering Anda jumpai di berbagai tempat umum. Termometer jidat atau yang lebih dikenal dengan thermogun dapat mengukur suhu melalui sinar inframerah. Nantinya Anda cukup memposisikan sensor inframerah ke arah jidat dan nantinya inframerah tersebut akan membantu membaca panas yang keluar dari kepala.


  • Termometer Telinga

Cara kerja dari temometer jenis ini tidak jauh berbeda dengan termometer jidat, namun yang menjadi perbedaan yaitu alat ini digunakan mengukur suhu untuk bagian dalam telinga. Temometer telinga bekerja dengan sinar inframerah yang nanitnya akan membaca panas di dalam telinga.


Untuk menggunakan alat ini, Anda harus meletakan alatnya di lubang telinga dengan benar, jangan sampai terlalu dalam dan juga terlalu jauh. 

Fitur Sensor Suhu Tubuh Otomatis ThermoNex

  • Deteksi Termal Otomatis

Dengan menggunakan ThermoNex, Anda dapat mengukur suhu tubuh dengan jarak jauh yang juga sudah dilengkapi dengan sistem pengenalan wajah. Selain itu, produk ini juga di dalam paket pembeliannya juga menyediakan dispenser hand sanitizer otomatis, yang dapat digunakan ketika melakukan pengukuran suhu tubuh.

  • Integrasi Data

Sensor suhu tubuh otomatis ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan integrasi dengan sistem akses kontrol, waktu hadir, sistem manajemen pengunjung, hingga sistem internal perusahaan. 

Kelebihan ThermoNex

  1. Alat Pengukur Suhu Badan Secara Otomatis Tanpa Kontak

Tentunya dengan menggunakan alat ini, Anda juga ikut berpartisipasi untuk melakukan protokol kesehatan. ThermoNex memungkinkan Anda untuk mengukur suhu tubuh secara akurat, tanpa perlu menggunakan tenaga pembantu untuk memegang termometer. Hal ini tentunya akan memperkecil penularan virus dan proses pengukuran suhu menjadi lebih efisien.

  1. Dapat Mengukur Suhu dari Jarak Jauh

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh ThermoNex yaitu dapat mengukur suhu dari jarak jauh secara otomatis. Hal ini dikarenakan sensor suhu tubuh otomatis ini memiliki teknologi berbasis IoT yang telah terhubung dengan cloud. 

  1. Adanya fitur Face Detection

Dengan adanya fitur Face Detection yang dimiliki ThermoNex, alat ini dapat menyimpan suhu tubuh sesuai orangnya, jadi akan meminimalkan kesalahan pendataan. Hasil dari pengukuran itu pun juga dapat dilihat dengan mudah langsung pada layar. Semua data suhu dan wajah orang yang telah diukur melalui alat tersebut akan tersimpan di dalam cloud.

Jenis Produk ThermoNex

ThermoNex sensor suhu tubuh otomatis sendiri memiliki 2 jenis produk, yaitu ThermoNex Rapid Contactless Thermal Detection (TN201BS) dan ThermoNex Rapid Contactless Thermal Detection (TN201FR). Berikut ini adalah spesifikasi dari kedua jenis produk ThermoNex tersebut:

Spesifikasi

TN201BS

TN201FR

Custom Design Theme

Omron Thermal Detection Sensors

Software Pengenal Wajah (Face Recognition)

-

Mini PC

LED Touch Screen Monitor with Speaker

Web Camera

LED Alarm Lights

Dispenser Hand Sanitizer

Kiosk Box

API Readliness


Untuk harga dari kedua jenis sensor suhu tubuh Thermonex tersebut yaitu Rp28.000.000 untuk TN201BS dan Rp88,5 juta untuk TN201FR. Dua jenis sensor suhu tubuh otomatis ini bisa didapatkan melalui Bhinneka.com.

Bhinneka.com sendiri adalah toko online terpecaya di Indonesia yang sudah berdiri dari tahun 1993. Bhinneka.com dikenal sebagai salah satu toko online untuk komputer, laptop, gadget, dan aksesoris terlengkap di Indonesia. Dengan adanya Bhinneka.com, tentunya semua aktivitas harian di kantor atau tempat usaha Anda akan terbantu melalui peralatan yang telah disediakan sesuai kebutuhan.

ThermoNex ini sendiri sangat cocok digunakan di tempat-tempat yang mengharuskan orang-orang harus berinteraksi, seperti kantor, tempat usaha, atau tempat umum lainnya. Maka dari itu, Anda dapat memesan ThermoNex ini melalui Bhinneka.com, agar tetap menjaga protokol kesehatan dan tentunya meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Cara Penggunaan ThermoNex

Cara penggunaan dari ThermoNex sendiri cukup sederhana. Jadi, pengukuran dilakukan secara satu per satu dengan cara berdiri di depan alat. Orang yang berada di depan alat bisa menghadapkan wajah ke depan layar. Untuk jarak antara sensor dengan wajah antara 0.1 meter hingga 0.5 meter. Nantinya hasil pengukuran suhu akan secara otomatis muncul di layar. 

Selain hasil pengukuran suhu, nantinya akan terdapat suara yang keluar dari perangkat yang menandakan jika pengukuran suhu telah selesai. Perlu Anda ketahui, proses pengukuran suhu hanya dapat dilakukan di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan suhu di luar ruangan dapat mempengaruhi hasil dari pengukuran alat.

Akurasi dari sensor suhu tubuh otomatis Thermonex sendiri berkisar kurang lebih 0.3 derajat celcius. Diperlukan juga proses kalibrasi agar alat dapat menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar. Seluruh data dari hasil pengukuran itu nantinya akan disimpan di dalam cloud dalam waktu 1 minggu. 

Tentunya dengan adanya produk sensor suhu tubuh otomatis dari ThermoNex ini, pengukuran suhu menjadi lebih efektif dan aman. Anda tidak perlu menggunakan petugas tambahan untuk memegang termometer karena alat ini dapat mengukur suhu secara otomatis. Proses pembelian alat ini pun sangat mudah karena adanya Bhinneka.com.


Komentar