Sebelum Melakukan Repainting Mobil Perhatikan Hal Berikut Ini


Ada beberapa hal yang akan diperhatikan oleh orang di penampilan suatu mobil, dan salah satunya adalah masalah penampilan, baik itu soal desain mobil, warna maupun kemulusan dari mobil tersebut. Warna dan kemulusan dari sebuah mobil tentunya akan berhubungan dengan cat pada mobil. Pada saat kita baru memiliki sebuah mobil, maka biasanya warna dan kemulusan dari suatu mobil akan bagus dan enak dipandang. Namun, karena berbagai faktor entah itu cuaca yang berubah ubah dari hujan ke panas, goresan dan lain sebagainya, tentu lama kelamaan warna dari cat mobil akan memudar dan body mobil pun tidak terlihat mulus lagi. Warna yang memudar dan terkelupas ini tentunya akan mengakibatkan mobil tidak enak untuk dipandang.

Saat bagian luar mobil sudah mengalami hal tersebut maka ada baiknya apabila kita melakukan pengecatan ulang atau kerap disebut sebagai proses repainting pada mobil terkait. Pengecatan ulang ini dilakukan untuk tetap menjaga keindahan dari mobil dan juga tentunya untuk mencegah korosi yang bisa saja terjadi jika cat lama dari mobil mengelupas. Tentu saja dalam melakukan cat ulang dan membeli cat mobil ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak akan timbul masalah di kemudian hari. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Warna Cat yang Dipakai
Jika berbicara mengenai warna cat yang akan dipakai pada pengecatan ulang, sebaiknya pakailah warna yang sama dengan warna kendaraan yang sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar warna mobil masih sesuai dengan yang tercantum pada surat-suratnya. Namun, apabila kita menginginkan untuk menggunakan warna lain yang berbeda dengan apa yang tercantum pada surat-surat resmi mobil, maka sebaiknya uruslah surat tersebut sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Jenis cat yang dipakai
Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam melakukan pengecatan ulang mobil adalah soal bahan cat yang digunakan. Saat ini, jenis cat mobil yang ada sudah sangat beragam, tentunya dengan berbagai keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Terdapat beberapa jenis cat mobil yang saat ini banyak beredar dan sering digunakan:

>> Cat jenis nitrocellulose (duco) yang bersifat instan dan cepat saat digunakan untuk mengecat mobil-mobil sederhana seperti pick up, truk dan sejenisnya. Varian cat ini memiliki kekurangan yakni warna yang dihasilkan tidak terlalu mengilap dan relatif gampang pudar.

>> Cat mobil jenis nitrocellulose atau bisa disebut cat oven merupakan cat yang akan cepat kering, memiliki warna mengkilap dan tidak mudah pudar. Namun, memang cat ini biasa dijual di harga yang cukup mahal.

>> Cat mobil jenis lacquer yang menggunakan bahan pengencer seperti thinner dan sejenisnya. Cat lacquer ini memiliki kelebihan yakni hasil pengecatannya akan lebih cepat kering jika dibandingkan dengan cat jenis duco dan PU. Namun, sayangnya jenis cat lacquer ini memiliki cukup banyak kekurangan seperti warna yang tidak terlalu awet dan juga saat melakukan pengecatan akan timbul bau kurang sedap dari larutan pengencer cat yang ternyata menurut beberapa ahli cukup berbahaya bagi kesehatan.

Tentunya, jenis cat mobil yang akan dipakai harus disesuaikan juga dengan jenis mobil yang kita pakai dan juga dengan budget yang kita punya. Kita dapat mendapatkan beragam varian cat tersebut baik secara offline maupun online. Jika kita memutuskan untuk membeli cat kendaraan secara online, belanjalah di Shopee karena di Shopee kita bisa mendapatkan berbagai macam pilihan cat mobil dengan harga yang terjangkau.

Peralatan yang Dipakai
Beberapa peralatan yang biasanya dipakai untuk melakukan pengecatan mobil diantaranya adalah spray gun, kompresor beserta selangnya, dan juga spray booth. Usahakan untuk selalu memerhatikan faktor keamanan dalam memilih peralatan.

Yang Melakukan Pengecatan
Kita sebenarnya bisa saja melakukan pengecatan ulang (repainting) secara otodidak jika kita memang kita memiliki pengetahuan di bidang ini, serta kita juga memiliki beragam peralatan yang dibutuhkan. Akan tetapi, jika kita merasa belum mampu untuk melakukan aktivitas ini maka serahkanlah tugas ini pada ahlinya karena saat ini sudah terdapat banyak sekali bengkel yang khusus melayani repainting atau cat ulang mobil dengan harga yang realistis.


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger