Fungsi Keberadaan Perusahaan Logistik


Menjamurnya toko online membuat industri di bidang jasa pengiriman mempunyai peranan sangat penting dalam hal mengantar beragam pesanan konsumen yang belanja di lapak virtual. Peran vital yang dipercayakan kepada perusahaan logistik mempunyai andil dalam perkembangan bidang ekonomi di negeri ini ke arah yang lebih baik. Dampak positif tersebut diklaim meningkatkan ekspor barang terutama produk manufaktur, peningkatan jumlah investasi, dan  perdagangan internasional. Bahkan diprediksi dua tahun mendatang bisnis ekspedisi akan tumbuh mencapai 15,4%.

Fungsi Vital Perusahaan Logistik di Indonesia
Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengantaran barang adalah Sera yang menawarkan layanan terbaik. Anda dapat mengenal lebih jauh mengenai profil dan layanan jasanya melalui akses web sera.astra.co.id. Di Indonesia sendiri perusahaan logistik memegang beberapa peran penting dalam rangka memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung kelancaran pengiriman yang sebagian besar digunakan bisnis berbasis online. Apa saja fungsi vitalnya? Simak poin penjelasan berikut ini.

  1. Pengantaran lebih efektif
Perkembangan ekonomi berkaitan erat dengan kondisi usaha atau bisnis yang ada, sering kali penyedia produk tidak bisa mengantar barang ke konsumennya yang ada di luar kota atau pulau lain. Hal itu tentu saja dikarenakan, pemilik harus mengurus banyak urusan di toko dan melayani konsumen lainnya. Kehadiran jasa pengiriman yang terus berkembang akan memudahkan para penjual terutama yang membuka lapak online untuk mendistribusikan produk yang dipesan konsumen hanya dengan mengantar paket tersebut ke agen pengiriman terdekat.

  1. Meminimalisir kerusakan
Perusahaan logistik biasanya akan memberikan garansi untuk barang kiriman yang rentan terhadap kerusakan. Untuk menjaga keutuhan bentuk produk pihak ekspedisi akan menganjurkan tambahan keamanan bila diperlukan seperti packing kayu. Pengiriman barang dagangan ke seluruh Indonesia akan menambah keuntungan untuk para pedagang, apalagi ada layanan pengantaran ke negara lain. Jika produk lokal bisa menembus pasar global tentu akan sangat menguntungkan sektor ekonomi dalam upaya menghadapi pasar internasional.

  1. Waktu pengiriman singkat
Jasa pengiriman akan memberikan estimasi waktu perkiraan barang akan sampai di tangan konsumen. Jika lokasi pembeli masih berada di wilayah kota biasanya akan lebih cepat, rata-rata 2-3 hari ke luar kota dengan servis normal. Apabila menginginkan paket kiriman Anda lebih cepat, beberapa perusahaan logistik menyediakan servis khusus dengan kisaran harga yang lebih tinggi.

  1. Harga lebih murah
Biaya pengiriman masih bisa dibilang terjangkau dengan menyesuaikan berat, dimensi, dan jenis produk kiriman. Ekspedisi pengiriman barang tidak hanya sebatas melayani pengantaran saja tetapi juga menjalankan fungsi pengemasan, pemberian label, manajemen inventori, penagihan, dan pembayaran. Ongkos kiriman barang  menjadi lebih murah dengan jarak dan medan yang berbeda menuju wilayah yang dituju. Misalkan pengiriman dari Jakarta ke Makassar yang harus melewati jalur laut, jika tidak ada jasa logistik akan sulit menjangkau konsumen yang berada di daerah tersebut.

Beberapa poin di atas menunjukkan ketergantungan antara perkembangan usaha-usaha yang ada di Indonesia dengan perusahaan logistik. Tanpa jasa ekspedisi, maka pendistribusian barang dagangan tidak akan mudah karena membutuhkan biaya yang lebih besar, sehingga proses transaksi penjual dan pembeli hanya bisa terjadi dalam lingkup wilayah itu saja. Bisa dikatakan jika jasa pengiriman produk menjadi penghubung proses jual beli yang lebih nyaman walaupun keduanya dipisahkan dengan jarak yang jauh. Semakin beragam nama bisnis jasa pengiriman di negeri ini, sebagai pengguna jasanya Anda sudah seharusnya memilih perusahaan terpercaya seperti SERA.

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger