5 Pilihan Platform Blogging yang Cocok Untuk Anda


Memilih layanan blog yang tepat bisa jadi menjadi salah satu hal yang cukup memusingkan bagi sebagian orang. Ada beberapa layanan blogging besar dan ada juga beberapa dengan skala yang lebih kecil yang patut anda pertimbangkan jika anda ingin membuat blog. Beberapa layanan blog tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Blogger
Blogger adalah layana blogging yang dimiliki oleh google. Layanan blogging yang bersifat gratis ini menjadi salah satu diantara layanan blogging yang sangat populer di dunia. Untuk alamat blog yang kita dapatkan saat menggunakan blogger adalah namablog.blogspot.com atau jika kita mau kita pun bisa melakukan custom domain untuk blog tersebut sehingga kita bisa menggunakan alamat blog dengan domain sendiri baik itu domain .com, .net dan lain lain. Untuk membeli domain ini kita melakukannya di berbagai penyedia domain yang ada misalnya saja di Niagahoster.

2. Wordpress
Untuk wordpress ini ada 2 pilihan yakni wordpress.com dan wordpress self host. Untuk wordpress.com bisa dikatakan fitur yang dimiliki cukup terbatas. Sehingga untuk wordpress.com ini cocoknya hanya dipakai sebagi untuk blog personal saja. Sedangkan untuk anda yang memang serius untuk terjun dan menjadi blogger profesional maka memilih menggunakan wordpress self hosting adalah pilihan yang tepat.

Wordpress self hosting ini memiliki banyak sekali fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimlakan blog anda. Di samping itu kita bis amendesain tampilan wp self host sesuai keinginna kita dengan banyaknya pilihan theme yang ada bahkan jika kita mampu kita pun bisa membuat theme kita sendiri untuk blog  wordpress self host kita. Untuk wp self host ini tentu saja selain mebutuhkan cms wordpress kita juga membutuhkan hosting dan domain. Untuk hosting sendiri kita bisa membeli dengan harga yang cukup murah karena beberapa penyedia hosting seringkali membuat promo hosting yang khusus untuk wordpress.

3. Tumblr
Tumblr ini cocok untuk blog blog personal dan juga cocok untuk blog dengan artikel yang pendek pendek. Namun sayangnya hingga saat ini tumblr masih diblokir di Indonesia sehinga kita akan kesulitan mengaksesnya secara langsung.

4. Joomla
meskipun pada dasrnya bukan dikhususkan untuk membuat blog namun menggunakan cms joomla untuk blog juga cukup bagus. Di joomla sendiri selain tersedia banyak theme juga menyediakan berbagai module yang akan memudahkan kita mengelola blog joomla kita.

5. HTMLy
HTMLy adalah salah satu platform blog yang cukup ringan. Hal ini karena HTMLy ini bersifat databaseless atau dengan kata lain tidak menggunakan database. Untuk menginstall htmly ini juga cukup mudah. Kita tingal login ke cpanel hosting kita dan menginstallnya lewat auto installer softaculous.

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger