Gejala, Cara Mencegah dan Cara Mengobati Flu

Cara Mengobati Flu


Cara mengobati flu adalah salah satu hal yang sebaiknya kita ketahui disamping cara pencegahannya tentunya. Apalagi sekarang ini di Indonesia sedang mengalami musin hujan, dan di musim hujan ini biasanya orang akan lebih mudah terserang flu. Hal ini dikarenakan saat musim hujan daya tahan tubuh ( kekebalan tubuh) seseorang relatif menurun sehingga virus lebih mudah menyerang. penyakit flu sendiri disebabkan karena virus influenza. Saat kita mengalami flu ini biasanya ditandai dengan timbulnya beberapa gejala flu seperti hidung tersumbat, suhu tubuh naik tapi badan merasa kedinginan, tenggorokan kering dan lain lain.

Terkena penyakit flu memang cukup menganggu pekerjaan kita. Meski kebanyakan flu yang terjadi pada seseorang tidak terlalu berbahaya namun terkadang ada beberapa kasus flu yang kemudian berkembang menjadi lebih parah dan fatal. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati Oleh karenanya upaya pencegahan terhadap penyakit yang disebakan oleh virus ini harus kita lakukan. Beberapa cara untuk mencegah terjadinya flu ini diantaranya adalah :
  • Menjaga pola makan, pola makan yang teratur dan memiliki gizi cukup dapat menghasilkankondisi tubuh yang fit sehingga tubuh memiliki daya tahan yang bagus meski.
  • Menghindari paparan virus flu, virus flu ini bisa menyerang seseorang salah satunya karena  penularan yang terjadi saat seseorang melakuakn kontak dengan orang yang sudah terserang virus influenza. Virus influenza juga bisa menyebar melalui udara, makanan minuman dan ingus yang keluar dari penderita flu.

Namun terkadang meski sudah berusaha melakukan hal hal tersebut, masih saja kita terserang flu. Jika hal ini yang terjadi maka lakukanlah upaya upaya untuk mengobatinya. Beberapa diantara cara untuk mempercepat kesembuhan penyakit flu adalah : 

  • Perbanyak istirahat, dengan banyak beristirahat diharapkan sistem imun / sistem kekebalan yang ada di tubuh kita bisa pulih dan bekerja sehingga virus virus influenza yang ada bisa teratasi.
  • Perbanyak minum air putih untukmencegah terjadinya kurang cairan atau dehidrasi
  • Makan makanan hangat, tujuan utama dari makan makanan hangat ini memang bukan untuk menyembuhkan flu namun untuk memberikan rasa nyaman bagi tubuh.
  • Minum obat flu, sebenarnya obat flu yang ada bukan untuk menyembuhkan namun hanya sebagai peredam rasa sakit. Oleh karenanya sebaiknya dalam mengkonsumsi obat jangan berlebihan apalagi jika tidak dalam pengawasan dokter. Obat obat yang biasanya dijual bebas ini juga mempunyai beberapa efek samp[ing seperti menyebabkan mudah mengantuk dll sehingga kita memang harus berhari hati jika kita menggunakannya.
  • Jika dalaam jangka waktu tertentu misalnya saja 3 hari belum juga sembuh maka sebaiknya kita hubungi dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas dll untuk mendapatkan penanganan serta pengobatan yang lebih baik yang lebih baik lagi.

0 Komentar

Iconpro | by Template blogger