Penyebab dan Cara Mencegah Keputihan yang Tidak Normal


 Keputihan merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak wanita. Meski pada kondisi normal keputihan ini tidak berbahaya dan mengganggu, namun pada kondisi tertentu keputihan bisa sangat mengganggu bahkan membahayakan kesehatan. 


Rasa gatal yang timbul di sekitar organ vital wanita ditambah keluarnya bau tidak sedap tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas seseorang. Bahkan timbulnya bau tidak sedap in bisa menghilangkan rasa percaya diri seseorang. 


Karena cukup mengganggunya keputihan ini maka mau tidak mau perlu untuk dicegah dan diatasi. Namun tentu saja sebelum ke langkah pencegahan ini kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab keputihan setiap hari yang dialami seorang wanita.


Ada cukup banyak penyebab timbulnya keputihan pada seorang wanita. Baik yang berasal dari dalam tubuh wanita itu sendiri maupun karena penyebab dari faktor eksternal. Beberapa penyebab timbulnya keputihan itu sendiri antara lain adalah sebagai berikut: 


Kurang Menjaga Kebersihan

Salah satu penyebab keputihan yang sering dialami oleh wanita adalah karena kurangnya mereka dalam menjaga kebersihan. Dan karena kondisi yang tidak bersih inilah maka bakteri serta jamur dengan leluasa bisa tumbuh di organ kewanitaan. Adanya bakteri dan jamur ini merupakan salah satu pemicu timbulnya keputihan yang tidak normal. Untuk pencegahan tentu saja kita bisa mulai menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat. Selain bisa menghindarkan diri dari keputihan yang tidak normal juga bisa mencegah timbulnya  penyakit penyakit jenis lainnya. Tak hanya perlu menjaga kebersihan area kewanitaan saja kita juga perlu memastikan area tersebut kering/ tidak lembab sehingga bakteri maupun jamur tidak mudah untuk tumbuh disana.  Untuk yang memakai pembalut tentu perlu secara rutin menggantinya.


Sering Memakai Pakaian yang Terlalu Ketat

 Penggunaan pakaian yang terlalu ketat ternyata juga bisa memicu timbulnya keputihan. Pakaian yang ketat apalagi yang terbuat dari bahan sintetis akan memicu keluarnya banyak keringat. Dan karena itu akan menjadikan daerah kewanitaan lembab yang memudahkan jamur serta bakteri tumbuh disana dan menyebabkan keputihan. Karena itu ada baiknya gunakanlah pakaian yang longgar karena selain secara tidak langsung bisa mencegah keputihan juga bisa memperlancar peredaran darah di tubuh kita.


Keseringan Menggunakan Sabun/Lotion Beraroma

Orang orang utamanya wanita seringkali menggunakan sabun dengan aroma wangi  ketika mandi. Meskipun hal tersebut berefek positif dengan hilangnya bau badan namun penggunaan sabun ataupun lotion yang beraroma secara sering pada organ kewanitaan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya keputihan yang tidak normal.  Untuk itu sebaiknya hindari produk produk pembersih organ kewanitaan baik itu sabun ataupun lotion yang mengandung pewangi. 


Mengonsumsi Obat Obatan Jenis Tertentu

Beberapa jenis obat seperti pil KB dan obat obatan jenis kortikosteroid misalnya bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya keputihan. Karena itu ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang berkompeten di bidangnya jika akan mengonsumsi obat obatan jenis tersebut.


Menderita Penyakit Jenis Tertentu

Beberapa orang yang mengalami penyakit seperti diabetes, kanker servik, infeksi menular seksual juga sering disertai dengan keputihan. Untuk yang ini cara mengatasinya tentu saja dengan berusaha menyembuhkan penyakit penyakitnya terlebih dahulu. JIka penyebab keputihannya penyakit tersebut maka periksakan ke dokter adalah salah satu langkah tepat yang perlu untuk kita lakukan. 


Nah itulah tadi beberapa penyebab serta upaya pencegahan terhadap timbulnya keputihan yang tidak normal pada wanita. Jika berbagai upaya pencegahan sudah kita lakukan namun tetap saja keputihan abnormal muncul maka yang perlu kita lakukan adalah dengan mengobatinya. Tentu saja dengan jenis obat obatan yang aman dan sesuai. 



0 Komentar

Iconpro | by Template blogger