Cara Lelang di Aplikasi IBID Beserta Syarat dan Ketentuannya

Perkembangan teknologi kini semakin canggih, hingga membeli mobil secara online sudah dianggap hal yang biasa. Bahkan sekarang ini ada cara lelang online yang telah banyak digunakan oleh masyarakat di IBID –Balai Lelang Serasi (IBID). 

IBID dikenal sebagai balai pelelangan produk otomotif termasuk juga lelang mobil yang bisa diikuti oleh semua orang hingga perusahaan. Namun sebenarnya IBID bukan hanya melelang produk otomotif saja, tetapi juga produk non otomotif. Nah penasaran bagaimana cara lelang online  di IBID? Lalu apa saja syarat dan ketentuannya? Yuk cek penjelasan berikut:

Cek Jadwal Lelang dan Cari Kendaraan

Langkah pertama buat Anda yang ingin mengikuti lelang online di IDIB adalah mengecek jadwal lelang. Jadwal lelang di semua kota berbeda-beda dan bisa dilihat di website IBID atau melalui aplikasinya. Anda juga bisa melihat daftar lot kendaraan yang ada di jadwal lelang tersebut.

illustration-ACV.b9253ff2

Periksa Kelengkapan Kendaraan di IBID

Sebelum membeli apapun Anda perlu mengecek detail dan kelengkapannya, termasuk sebelum mengikuti lelang online. Cek kondisi fisik kendaraan beserta kelengkapan dokumen saat proses open house yang dilakukan di pool IBID terdekat. Pastikan Anda memeriksanya secara mendetail tanpa terlewat suatu apapun.

Registrasi Diri dan Beli NPL

Setelah memeriksa beberapa kelengkapan kendaraan dan yakin untuk mengikuti lelang, saatnya Anda mendaftarkan diri. Ikuti beberapa proses seperti melengkapi data diri serta membeli NPL (Nomor Peserta Lelang). Untuk pembayarannya juga secara online melalui mesin EDC yang disediakan IBID, atau melalui Virtual Account.

Ikuti Lelang

Setelah mengikuti beberapa prosedur cara lelang online, tidak lengkap rasanya jika tidak mengikuti lelang yang berlangsung. Anda bisa melakukan penawaran tanpa terbatas ruang dan waktu hanya melalui IBID. Proses lelang ini dilakukan melalui fitur Live Auction di website atau aplikasi IBID.

Pelunasan/Pengembalian Biaya

Jika Anda berhasil memenangkan lelang, maka Anda perlu melakukan pembayaran terhadap untuk yang Anda menangkan. Pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 5 hari setelah lelang berlangsung. Namun jika Anda belum beruntung, biaya pembelian NPL (Nomor Peserta Lelang) akan kembali 100% ke nomor rekening Anda.

Pengambilan Kendaraan

Langkah terakhir yang harus dilakukan tentunya adalah mengambil kendaraan yang berhasil Anda menangkan melalui lelang.  Sama halnya dengan pelunasan biaya, pengambilan kendaraan ini juga dilakukan dalam jangka waktu 5 hari kerja. Jangan lupa untuk melengkapi semua berkas beserta melunasi pembayarannya.

Itulah cara lelang online yang sangat mudah dan tentunya aman di IBID. Tanpa adanya batasan ruang dan waktu, karena melalui lelang online ini Anda bisa mengikutinya dimana pun dan kapan pun. 

Selain mengikuti lelang, Anda juga bisa menjual kendaraan anda secara lelang juga.  Jadi Anda sudah tidak ragu lagi untuk mengikuti lelang online di IBID kan? Yuk unduh aplikasi IBID sekarang di PlayStore atau AppStore untuk memudahkan aktivitas lelang Anda. Selamat mencoba!


0 Komentar

Iconpro | by Template blogger