7 Jenis Kerusakan Kipas Angin dan Cara Memperbaiki



Mengalami kerusakan pada barang elektronik tentunya hal biasa yang pasti akan terjadi pada barang-barang elektronik milik kita. Kali ini saya akan membahas masalah kerusakan pada kipas angin yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Biasanya kalau kita mengalami sedikit masalah pada barang elektronik pasti kita lagsung membawanya ke bengkel servis elektronik atau membeli baru lagi atau malah langsung Anda jual kipas angin Anda ke penadah elektronik, pada hal kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, malah sebenarnya kita sendiri pun bisa memperbaikinya.

Sebelum kita membahas ke topik pembahasan, ada baiknya Anda ketahui dahulu komponen kipas angin agar memudahkan Anda dalam perbaikan serta dengan mengenal komponen dari tiap bagian kipas akan memungkin untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kipas angin. Komponen kipas angin sendiri terdiri dari kabel listrik dan colokkan, motor kipas, baling-baling, kapasitor, gear box, dan bearing. Nah setelah Anda mengetahui komponen kipas mari sama-sama kita ulas apa saja kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin.

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering kita jumpai pada sebuah kipas angin.

1. Kipas angin tidak bisa berputar / berputar lambat dan terdengar suara dengung di dalam kipas
Masalah ini terjadi karena bushing atau bearing yang berada didalam kipas mengalami kerusakkan. Bearing yang sudah rusak biasanya tidak bisa lagi diperbaiki dikarenakan pengunci penutup bearing telah patah sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Harga bearing dipasaran sekitar lima belas ribu rupiah.

Bentuk bearing yang sudah rusak biasanya berwarna hitam seperti terbakar. Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini tidak bagus maka sudah dipastikan kipas tidak akan bisa berputar dengan baik atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakkan yang terjadi pada bushing biasanya diakibatkan karena kehausan. Selain itu juga karena getaran keras.

Cara mengganti bushing kipas angin:

1. Buka semua cover atau penutup kipas.
2. Lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan).
3. Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah selesai pasang ke empat baut dan pasang baling-baling.
5. Coba dulu tes hidupkan kipas.
6. Jika sudah ok, pasang kembali semuanya.

2.Kipas angin mati total
kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON dipencet, baling-baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya (seperti tidak ada arus listik yang masuk), untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power mungkin putus, cek tombol speednya, cek tombol timer bilak ada. Apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas (cek menggunakan multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal).

3. Kipas angin tidak bisa berputar dan tidak ada suara dengung di dalam kipas
Pada kasus ini bisa dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring adalah suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. Jika diaplikasikan pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya jika kondisi kumparan terlalu panas begitulah cara kerja dari sekring. Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester.

4. Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan.
Kerusakan seperti ini ditandai dengan, apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali. berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, setelah kedua langkah tersebut sudah oke tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dan sebagainya)

5. Kipas angin salah satu speednya mati
Misal kipas angin Anda mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati, kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.

6. Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri
Untuk kerusakan seperti ini periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.

7. Untuk kerusakan non tehnis
seperti, baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , bisa kita ganti atau perbaiki dengan spare part kipas yang sudah rusak. Anda bisa mendapatkan nya di tempat jual beli barang bekas yang jual kipas angin tidak hidup.

Demikianlah solusi cara memperbaiki kipas angin sendiri dengan lebih mudah. Anda sekarang kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki kipas angin yang harusnya bisa diperbaiki sendiri. Lakukanlah perawatan pada kipas angin secara berkala agar tidak ada debu yang menumpuk pada kipas.


0 Response to 7 Jenis Kerusakan Kipas Angin dan Cara Memperbaiki

Posting Komentar